PILIH GAYA BELAJAR KAMU

Belajar merupakan sebuah proses dengan melakukan pengamatan, membaca, menirukan, mencoba sesuatu, mendengarkan dan mengikuti suatu arahan.
Belajarsendiri mengakibatkan suatu perubahan penampilan/bentuk sebagai hasil dari latihan.
Belajar ditunjukkan dengan suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman.
Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa belajar adalah suatu proses perubahan sikap dan tingkah laku, yang didalamnya terdapat aktifitas-aktifitas melalui prosedur-prosedur pelatihan tertentu.
Belajar dikatakan efektif apabila hasil yang dicapai seimbang dengan usaha belajar yang dilakukan.

Bobbi de porter dkk, menyatakan ada 3 gaya belajar yaitu :
1. Gaya Belajar Visual
Belajar dilakukan dengan melihat. Belajar akan lebih bermakna jika materinya didukung oleh penampilan gambar yang warna-warni dan rapi.
2. Gaya Belajar Auditorial
Belajar dilakukan dengan mendengarkan, sehingga saat belajar (membaca) ia akan menggerak-gerakkan bibir atau berbicara dengan pola bermain.
3. Gaya Belajar Kinestetik
Belajar dilakukan dengan memadukan gerak dan perasaan. Ia akan menunjuk tulisan saat membaca, melakukan gerakan fisik, menyentuh orang disebelahnya bahkan mengingat sambil berjalan.

Agar kegiatan belajar efektif dan mendapatkan hasil seperti yang diharapkan, maka dibutuhkan suatu strategi tertentu. Artinya seseorang perlu menempuh dan melakukan kegiatan-kegiatan yang mendukung keberhasilan belajarnya. Banyak strategi yang bisa dilakukan dalam belajar, salah satunya adalah KISS ME, yang merupakan singkatan dari langkah-langkah yang harus dilalui dalam kegiatan belajar seseorang, agar mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan.

Konsentrasi Belajar yang efisien harus dilakukan dengan penuh konsentrasi, yang berarti perhatian dipusatkan pada apa yang sedang dipelajari dan perhatian tidak terbagi kemana-mana.
Intelegensi Intelegensi/IQ itu bertingkat. Setiap tingkat memerlukan cara dan waktu belajar yang berbeda. Seseorang yang memiliki IQ tinggi mungkin belajar sebentar saja sudah mampu menguasai materi yang dipelajari sehingga waktu yang dibutuhkan relatif sedikit. Tetapi bagi yang IQ-nya rendah/sedang, harus lebih tekun dan melakukannya secara berulang-ulang. Jadi belajar harus disesuaikan dengan tingkatan IQ-nya.

Sarana Belajar yang efisien memerlukan sarana yang memadai seperti buku, alat tulis, tempat belajar yang terang dan tenang, dsb. Tidak harus mahal, yang penting ada dan bisa digunakan. Tanpa ada sarana yang memadai biasanya akan muncul kesulitan pada saat belajar yang akan merusak konsentrasi yang sudah terbentuk.

Sistematis Belajar
sebaiknya tidak sembarangan, tapi perlu diatur secara sistematis. Sebelum memulai kegiatan belajar persiapkan terlebih dahulu segala sesuatu yang diperlukan, misalnya : alat tulis, buku, dsb sehingga ketika sedang belajar tidak harus mencari-cari lagi.
Perlu pula dipersiapkan materi apa yang akan dipelajari, akan dimulai dari mana, metode belajarnya hafalan atau perlu latihan-latihan, dan apa kegiatan selanjutnya selama waktu belajar yang telah ditetapkan. Dengan pengaturan yang sistematis maka konsentrasi yang sudah terbentuk akan tetap terjaga.

Manajemen Kegiatan belajar harus dikelola secar baik, yaitu diatur kapan waktu yang tepat, berapa lama, apa saja yang diperlukan, apa yang sudah dimiliki, berapa banyak yang dimiliki, kapan waktu bermain, kapan waktu membantu orang tua, nonton TV, dsb. Semua dikelola sedemikian rupa sehingga waktu belajar dan semua sarana yang ada dapat dimanfaatkan secara optimal.

Evaluasi Untuk mengetahui keberhasilan dan kekurangan yang terjadi selama proses belajar, maka setiap usai belajar perlu dilakukan evaluasi/penilaian. Sampai seberapa jauh atau apa yang telah dikuasai dan mana yang belum dikuasai, dengan membuat pertanyaan sendiri dan dijawab sendiri. Kunci utama dalam evaluasi ini adalah bahwa jawaban dilakukan dengan penuh kejujuran. Jika hasilnya ternyata kurang memuaskan maka dibutuhkan kemauan untuk mengulangi bagian-bagian yang belum dikuasai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: