Apa itu…..Neck-Top Computer ?

Mengenal NTC
NTC, alat canggih tanpa buku petunjuk pemakaian. Mungkin banyak dari anda yang bertanya-tanya tentang NTC (Nect-Top Computer). Prosesornya type apa, garansinya bagaimana, kenapa kok sampai gak ada buku petunjuknya…? Perusahaan manasih yang mengeluarkan NTC..? Hmm…mari kita coba urai…apa itu NTC.
Nect-Top Computer adalah piranti lunak yang diciptakan dengan begitu luar biasa. Yup… Otak (NTC ) suatu piranti yang sangat berbeda. Kita di lahirkan dengan NTC (Otak ) manusia yang sedemikian canggih, hanya saja kita tidak di beri buku petunjuk untuk menggunakannya. Akibatnya manusia belum mampu menggunakan kemampuan otaknya secara maksimal. Menurut berbagai sumber, rata-rata manusia hanya menggunakan kemampuan otak sekitar 4%. Bahkan kabarnya manusia se-jenius Einstein masih menggunakan 8% saja dari kemampuan otaknya.

Fakta mengenai NTC
Sejak lahir semua manusia sudah dianugerahi Otak. Suatu organ yang beratnya hanya berkisar 1,5 kg (2% berat tubuh) dengan bahan bakar utama gloukosa dan 20% oksigen yang beredar dalam tubuh manusia.
Manusia di beri kemampuan otak yang sedemikian luar biasa kemampuannya, ada 100.000.000.000 (seratus miliar) sel otak aktif dan didukung 900.000.000.000 (Sembilan ratus miliar) sel pendukung lainnya. Total ada 1 triliun sel otak. Namun, ini baru potensi. Tanpa di kembangkan, meskipun memiiki jumlah sel otak yang banyak tidak menjamin seseorang dapat menjadi makhluk yang cerdas. Karena kecerdasan sebenarnya tergantung pada seberapa banyak koneksi yang terjadi di antara setiap sel otak, dimana setiap sel memiliki kemungkinan koneksi 1 sampai 20.000 koneksi. Hmm….betapa besar potensi yang dimiliki manusia. Semakin sering kita menggunakan dan melatih otak kita, maka semakin banyak koneksi yg terjadi.

Triune Brain

triune brain

Nect-Top Computer


Menurut Dr. Paul Maclean dalam kepala manusia terdapattiga macam otak yang berkembang sesuai dengan tahap evolusi manusia. Pertama otak reptil , dari batang otak yang terletak di dasar otak dan terhubung ke tulang belakang. Otak reptile berfungsi sebagai sebagai pusat kendali, system syaraf otonomi, serta untuk mengatur fungsi utama tubuh seperti pernafasan dan denyut jantung. Otak reptile juga berfungsi mengatur reaksi seseorang terhadap ancaman dengan pendekatan “lari” atau “lawan”. Sisi ini akan aktiv ketika seseorang ada dalam kondisi stress, takut, terancam, marah, kurang tidur,atau kondisi tubuh dan pikiran leleh. Ketika otak reptile bekerja, orang tidak akan mampu berpikir karena yang berperan dalam kondisi ini adalah insting atau cara berpikir dan bertindak berdasarkan latihan.
Kedua otak mamalia, yang merupakan perkembangan dari otak reptil. Otak mamalia berperan mengendalikan kekebalan tubuh, hormon, pengendalian system dan memori jangka panjang. Di dalamnya terdapat system Limbic yang terdiri dari amygdale, hippocampus, thalamus dan hypothalamus. Dalam proses pembelajaran peran otak mamalia sangat penting karena system limbic berperan sebagai sakelar yang menentukan otak mana yang aktif, otak reptil atau otak neo cortek. Bila seseorang dalam keadaan ter-push maka informasi yang di terima oleh otak akan diteruskan k otak reptile sedang dalam kondisi bahagia serta rileks maka otak neo cortek akan aktiv dan digunakan untuk berfikir.
Ketiga Neo cortek / thinking cap, yang berbentuk menyerupai topi yang menutupi otak mamalia dan otak reptile disebut juga Otak Berfikir dimana bagian ini composisinya 80% dari total otak manusia. Neo cortex memiliki empat lobus (cuping) otak yang berbeda-beda fungsi. Lobus frontal tepat persis di belakang kening berfungsi melakukan penilaian, kreatifitas, merencanakan, berfikir dan memecahkan masalah. Lobus frontal ini akan matang pada usia 35 tahunan, level kematangan (dewasa) bagian ini sangat tergantung pada seberapa sering kita menggunakan bagian otak ini. Lobus temporal yang terletak disisi kiri dan kanan berfungsi untuk memproses pendengaran, arti, bahasa dan memori. Lobus parietal terletak di bagian belakang atas otak kita berfungsi untuk memproses sensasi dan fungsi bahasa. Sedangkan Lobus accipital yang terletak di belakang berfungsi untuk penglihatan. Itulah mengapa ketika seseorang terjatuh dan kepala belakangnya terantuk, orang itu akan merasa berkunang-kunang. Hal ini karena saraf penglihatan mengalami guncangan. ( bersambung…chapter hemisfer )
source : Brain Compatible Strategi by Eric Jensen

4 Responses

  1. kok masih bersambung bu?

  2. wah berarti sbnrnya kita ga perlu laptop yah bu, next top yang kt punya aja dah lebih dari cukup. tp next top computer kita bisa buat chat di fb gak ya? he he

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: