SEARCH AND RESCUE

I. No SAR Organization = BLACK AREA
1. 1950 Indonesia masuk ICAO (International Civil Aviation Organization), konsekuensi logisnya PP nomor 5 tahun1955 tentang penetapan Dewan penerbangan untuk membentuk panitia SAR.
2. 1959 Indonesia masuk IMO (International Maritime Organization)
3. 1968 Kep. Men. Hub. T.20/I/2-4 tentang Tim SAR lokal Jakarta(embrio SAR Nasional Indonesi).
4. 1968 Proyek Sout East Asia Coordinating Committee on Transport and Communications yang ditangani oleh tim ahli Badan SAR Amerika (US Coast Guard). Indonesia sebagai proyek payung (umbrella project) untuk negara – negara Asia.
5. 1972 Berlandaskan hasil survey dari proyek SEACCTC dirumuskanlah “Premenery Recommendation” tentang saran – saran untuk mewujudkan organisasi SAR di Indonesia. Berdasarkan hal tersebut maka ditetapkan Keppres. Nomor 11 tahun 1972 tanggal 28 Februari 1972 tentang Pembentukan Badan SAR Indonesia (BASARI) dengan susunan organisasi:
a. Unsur Pimpinan
b. Pusat SAR Nasional (Pusarnas)
c. Pusat – pusat Koordinasi Rescue (PKR)
d. Sub – sub Koordinasi Rescue (SKR)
e. Unsur – unsur SAR
6. 1975 Pusarnas resmi menjadi anggota NASAR (National Association of SAR)
7. 1978 Menteri Perhubungan selaku ketua Basari mengeluarkan keputusan nomor 5/K.104/Pb-78 tentang penunjukkan Kepala Pusarnas sebagai ketua Basari pada kegiatan operasi SAR di lapangan. Untuk penanganan SAR di daerah dikeluarkan instruksi Menteri Perhubungan nomor IM 4/KP/Phb-78 tentang pembentukkan satuan tugas SAR di KKR.
8. 1979 Keputusan Presiden nomor 47 tahun 1979 tentang perubahan struktur organisasi yaitu Pusarnas yang semula dibawah Basari dimasukkan kedalam struktur organisasi Departemen Perhubungan dan diubah namanya menjadi Badan SAR Nasional (Basarnas)
II. Indonesian SAR Organization
1. BASARI (Badan SAR Indonesia) adalah badan yang menyelenggarakan tugas – tugas pencarian dan petolongan yang berkedudukan langsung di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden.
2. BASARNAS (Badan SAR Nasional) adalah lembaga di bawah lingkup Departemen Perhubungan sebagai pelaksana tingkat pusat yang bertugas membina dan mengkoordinasi kan semua usaha dan kegiatan pencarian, pemberian pertolongan,dan penyelamatan sesuai dengan peraturan SAR Nasional dan International terhadap orang atau material yang hilang atau dikhawatirkan hilang atau menghadapi bahaya dalam penerbangan, pelayaran dan bencana alam.
3. KKR (Kantor Koordinasi Rescue) adalah adalah unit pelaksana teknis (UPT) Basarnas di wilayah yang mempunyai tugas menyelenggarakan suatu koordinasi rescue guna mengkoordinir semua unsur untuk operasi SAR di wilayah tanggung jawabnya.
4. SKR (Sub Koordinasi Rescue) adalah UPT Basarnas di daerah yang mempunyai tugas mengkoordinasikan dan mengarahkan penggunaan fasilitas SAR, sarana/material dan personil di daerah tanggung jawabnya.
5. FKSD (Forum Koordinasi SAR Daerah) adalah lembaga non struktural yang bertugas melaksanakan pembinaan potensi SAR yang ada di dalam wilayah / daerah masing – masing.
III. SAR Conduction.
1. Tahapan operasi SAR
a. Tahap kekhawatiran (awareness stage) adalah kekhawatiran bahwa suatu keadaan darurat diduga akan muncul (saat disadarinya terjadi keadaan darurat/musibah )
b. Tahap kesiagaan (initial action stage) adalah tahap seleksi informasi yang diterima untuk segera di analisa dan ditetapkan.
c. Tahap perencanaan (planning stage) adalah saat dilakukannya suatu tindakan sebagai tanggapan (respon) terhadap keadaan sebelumnya.
d. Tahap pelaksanaan operasi (operation stage) adalah tahap dilaksanakannya operasi pencarian,pertolongan, dan penyelamatan korban secara fisik.
e. Tahap akhir misi adalah tahap akhir operasi SAR, meliputi penarikan kembali SRU dari lapangan ke posko
2. Komponen – komponen SAR
a. Organisasi
b. Fasilitas
c. Komunikasi
d. Perawatan gawat darurat
e. Dokumentasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: